Permainan Tradisional Encrak

Permainan Tradisional Encrak ini dilakukan oleh dua hingga empat orang anak laki-laki maupun wanita dengan menggunakan kerikil atau biji-bijian. Sejatinya encrak adalah permainan menangkap batu kerikil. Permainan anak ini sangat bagus dalam melatih konsentrasi.

Encrak merupakan permainan tradisional khas daerah jawa barat. Dahulu permainan ini biasa dimainkan di kampung-kampung. Waktu terbaik dalam memainkan permainan ini adalah sare hari pada saat banyak anak-anak berkumpul.

Cara Bermain Encrak


Dalam memainkan Encrak, diambil salah satu kerikil atau biji sebagai kokojo. Permainan tradisional encrak dilakukan dengan cara membalikkan telapak tangan yang mewadahi kerikil, sehingga tertumpah.

Dan diupayakan tertahan oleh punggung tangan kemudian kokojo tersebut dilempar keatas dan ditangkap kembali. Pada saat kokojo ada diudara, kerikil yang berserakan diambil satu persatu atau lebih. Pergantian pemain dilakukan apabila kerikil tersebut tidak dapat di tangkap.

Permainan Tradisional Encrak

Permainan tradisional encrak ini sudah sangat jarang sekali dimainkan saat ini. Sangat disayangkan karena permainan anak ini bisa melatih konsentrasi dan ketangkasan.

Maka dari itu sudah saatnya bagi para orang tua untuk kembali mengajarkan anak-anak mereka permainan tradisional, salah satunya permainan encrak ini.

An aspiring journalist and freelance writer based in Brooklyn, New York, currently obsessed with anything gadget.