Aneka Permainan Tradisional khas Daerah Minangkabau Sumatra Barat

Minangkabau merupakan salah satu suku di Indonesia yang memiliki aneka ragam budaya, termasuk diantaranya Permainan Tradisional. Namun yang terjadi saat ini, aneka permainan tradisional tersebut mulai dilupakan anak-anak. Mereka lebih asyik dengan aneka permainan di handphone daripada memainkan permainan tradisional Minangkabau.

Banyak upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dan pemerhati budaya menanggapi fenoma ini. Berbagai cara dilakukan untuk tetap melestarikan kembali permainan tradisional sumatra barat. Salah satu diantaranya adalah dengan menggelar festival Permainan Anak Nagari.

Permainan tradisional anak Minangkabau memiliki banyak filosofi kehidupan sehari-hari. Anak-anak akan dilatih tentang kejujuran, sportivitas dan kekompakan tim.

Berikut kami hadirkan daftar aneka permainan tradisional anak khas Minangkabau Sumatra Barat. Dengan harapan agar generasi penerus kedepan tetap bisa melestarikan permainan tradisional anak ini.

Permainan Gasiang


Permainan Gasiang atau didaerah lain lebih dikenal dengan nama gasing, merupakan salah satu yang terkenal di Sumatera Barat. Yang unik dari permainan gasiang di Minangkabau adalah bermacam bentuk gasing yang dipakai. Ada bermacam bentuk gasing diantaranya yang terbuat dari buah pinang atau yang paling umum dikapai dari kayu.

Inti permainan ini adalah memutar gasing. Yang bertahan paling lama maka dialah yang jadi pemenang.

Permainan Badia Batuang


Permainan anak meriam bambu yang di Minang lebih terkenal dengan sebutan Badia Batuang. Merupakan salah satu permainan anak yang cukup digemari dimasanya.

Biasanya dimainkan oleh anak laki-laki. Paling rame dimainkan pada bulan ramadhan menjelang lebaran.

Permainan Pak Tekong


Pak Tekong atau mancik-mancik atau biasa lebih dikenal dengan permainan petak umpet. Aturan permainannya hampir sama, yang intinya pemain akan mencari lawan yang sedang sembunyi.

Permainan Tarompa Pajang


Tarompa pajang atau tarompa galuak merupakan permainan rakyak khas Sumatra Barat. Di daerah lain dikenal dengan permainan bakiak, karena menggunakan bakiak sebagai media bermain.

Permainan tradisional ini sekarang mulai dimainkan kembali di acara-acara perlombaan hari-hari besar.

Permainan Sipak Rago


Permainan ini mirip dengan sepak takraw. Di daerah Minangkabau permainan ini dimainkan anak laki-laki, tentu dengan alat apa adanya. Bola yang dipakai dalam permainan sipak rago diasanya hany terbuat dari serabut kelapa yang dianyam.

Masih banyak permainan khas anak Sumatera Barat lainnya. Hampir semua permainan tradisional Indonesia juga banyak dimainkan di Minang, hanya saja namanya di setiap daerah tidak sama. Seperti permainan lompat tali, congklak, kelereng dan lain-lain.

Contoh lain permainan tradisional Minangkabu diantaranya: Caktum, Tok tele, Tak kadal, Cakbur, kuciang-kuciang, suruak lidi, pijak bayang, lore dan lain-lain.

Mari kita bersama-sama ikut melestarikan permainan tradisional Sumatera Barat. Bagi kalian yang sudah dewasa bisa dengan menceritakan keseruan bermain permainan tradisional kepada adik-adik kita.

An aspiring journalist and freelance writer based in Brooklyn, New York, currently obsessed with anything gadget.