Permainan Tradisional Boi Boian

Permainan Boi Boian merupakan salah satu permainan tradisional yang populer pada jamannya. Inti dari permainan ini adalah merobohkan susunan piramida yang terbuat dari pecahan batu/genteng. Dalam era moderen, permainan boi boian mirip dengan olah raga bowling.

Boi boian adalah permainan anak berkelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari minimal 2 orang anak. Diperlukan kerjasama kelompok untuk dapat menjadi pemenang dalam permainan boi boian. Inilah makna sebenarnya dari bermacam permainan tradisional yang ada di Indonesia.

Alat yang dibutuhkan


Alat yang digunakan dalam permainan boi boi adalah pecahan genting atau bisa juga batu atau pecahan porcelen/keramik. Sedangkan bola yang digunakan merupakan kertas yang digulung menjadi bentuk bola.

Cara Bermain Boi Boian


Permainan Tradisional Boi Boian
Bagaimana cara melakukan permainan boi boian? Dalam permainan tradisional sebenarnya tidak ada aturan baku dalam cara memainkannya. Akan selalu ada inovasi pada setiap daerah yang satu dengan daerah yang lain.

Menurut beberapa literatur dalam buku sejarah maupun pendidikan, berikut ini adalah garis besar cara bermain boi boian:
  1. Satu kelompok bertujuan menyusun piramida hingga tak ada yang tersisa sambil menghindar dari tembakan bola kertas yang dilepaskan oleh anggota-anggota kelompok lain.
  2. Kelompok yang lain bertugas menembakkan bola kertas ke anggota-anggota kelompok lawan yang berusaha menyusun piramida; setiap anggota lawan yang terkena tembakan bola kertas dianggap gugur dan tidak boleh lagi meneruskan permainan.
  3. Permainan dimulai dengan menggulirkan bola kertas oleh kelompok penembak ke arah piramida batu pipih hingga berantakan (kira-kira seperti menggelindingkan bola bowling ke sasarannya); sementara itu kelompok penyusun piramida bersiap2 menyusun lagi batu-batu yang berantakan sambil mewaspadai serangan bola kertas.
  4. Permainan selesai apabila piramida selesai disusun ATAU anggota kelompok yang bertujuan menyusun piramida telah semuanya gugur kena tembakan bola kertas dari kelompok lawan.

 

Setelah permainan selesai maka posisi kelompok ditukar. Yang tadinya kelompok penyusun piramida menjadi kelompok penembak, dan sebaliknya.


Pemenang dalam permainan boi boian adalah kelompok yang dapat menyusun piramida. Itulah sedikit gambaran tentang permainan Boi Boian. Salah satu bentuk Permainan Tradisional yang sarat makna dan manfaat.

An aspiring journalist and freelance writer based in Brooklyn, New York, currently obsessed with anything gadget.